Jamur Tiram Coklat (Pleurotus Cysditious)

Pada umumnya jamur tiram coklat sama seperti jamur tiram putih, yang membedakan adalah warna tudungnya. Jamur tiram coklat, warna colkat hanya pada permukaan atas tudung, sedang tangkai dan bawah tudung warnanya putih. Jamur tiram coklat memiliki aroma khas seperti jamur merang. Rasanya juga mirip dengan jamur merang, hanya lebih lunak jamur merang. 

Jamur ini lebih tahan lama disimpan daripada jamur tiram putih, dikarenakan kadar airnya yang tergolong rendah. Jamur tiram coklat mulai dilirik konsumen karena rasanya yang enak dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan merang. Petani jamur tiram perlu mencoba membudidayakan jenis jamur ini, dikarenakan harganya yang lebih mahal daripada jamur tiram putih. Harga tiram putih di jawa dari tingkat petani dihargai kisaran 8 – 10 ribu/kg, sedangkan jamur tiram coklat 12 – 16 ribu/kg. 

Karakter tumbuhnya seperti Jamur Tiram Putih Strain Thailand yang tumbuh serentak, yang membedakan hanya tudung jamur tiram coklat lebih lebar dan tangkainya lebih sedikit. Miseliumnya tipis, cepat merambat. Miselium tiram coklat lebih lemah dibandingkan dengan tiram putih, sehingga baglog harus dimasak dengan matang. Bila sudah panen beberapa kali sering didapati jamur ini tumbuh tunggal yaitu hanya satu tangkai. 

Perawatan jamur tiram coklat sama seperti jamur tiram putih, hanya saja harus lebih sering disiram karena jamur tiram coklat termasuk jamur tipe kering. Permukaan baglog juga harus lebih sering dibersihkan dikarenakan jamur ini sering menyisakan pinhed yang mati. Untuk mempertahankan warna coklat, pemanenan diusahakan masih muda, karena semakin tua jamur warnanya semakin memudar.

Batang, 24 Oktober 2016


Artikel Terkait:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha , Car Price in India